Rumah Cantik Alami Dengan Batu Alam

25 Jan

f1fc488c

            Hai readers:) Tentunya kalian telah mengenal beberapa jenis batuan alam bukan? pernahkah kalian melihat bangunan yang berfasad batu alam? Pada tema kali ini kami akan membahas penggunaan batu alam pada arsitektur.

Seiring dengan munculnya tren ‘back to nature’ dalam dunia arsitektur, semakin banyak rumah/bangunan yang didesain dengan menggunakan material alami seperti batu alam. Penggunaan batu alam dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menghadirkan rumah impian yang menyatu dengan alam yg menghadirkan kesan natural. Dengan penataan yang baik, batu alam dapat menghadirkan kesan dinamis atau tidak monoton.

Batu alam, tidak hanya diaplikasikan pada bagian  eksterior bangunan, tetapi dapat juga dijadikan sebagai elemen dekorasi pada interior. Nah, berikut ini beberapa pengaplikasian batu alam pada bagian eksterior dan interior.

 

Batu Alam Pada Eksterior

Pengaplikasian batu alam pada eksterior rumah umumnya di terapkan di beberapa bagian rumah yg antara lain:

1. Taman

Penggunaan batu alam pada taman dapat membantu menghadirkan  kesan alami pada taman. Biasanya batu alam diaplikasikan sebagai pijakan untuk akses memasuki area taman, sebagai fokus utama pengganti tanaman dinding dekoratif maupun sebagai lantai pada area gazebo.

Jenis batu alam yang umum diaplikasikan pada taman antara lain; batu koral putih, pecahan batu kali, batu alor hitam, batu panca warna, batu andesit dan batu templek. Pengaplikasian jenis batu alam yang tepat akan menghadirkan kesan baik & indah.

2. Pagar

desain-pagar-rumah-minimalis-01

            Pagar bukan ­hanya dijadikan sebagai pembatas ­rumah dari area luar rumah, ­namun juga merupakan bagian dari ­fasad yang tidak ­ luput dari sentuhan ­kreativitas. Umumnya pagar pada rumah didesain menggunakan besi, stainless steel, kayu ataupun bambu. Namun, saat ini banyak juga pagar menggunakan batu alam.

Penerapan batu alam pada pagar dapat menciptakan kesan kokoh sekaligus tetap  menghadirkan kesan natural. Kehadiran pagar dengan batu alam berfungsi untuk melembutkan fasad sehingga menghilangkan kesan kaku yang ditimbulkan oleh fasad dari bangunan itu sendiri. Jenis batu alam yang biasanya diterapkan pada pagar antara lain; batu andesit, candi, batu templek, paras kebumen, travertine dan paras jogja.

      3. Kolam taman atau kolam renang

            Kolam renang merupakan area tambahan yang eksklusif untuk sebuah tempat tinggal. Selain memiliki nilai estetika, kolam renang juga berfungsi sebagai tempat olah raga. Pengaplikasian batu alam pada kolam renang akan memberikan sentuhan nuansa alami dan nilai estetika tersendiri.

Batu alam yg digunakan sebaikanya yg memiliki karakteristik keras dan tidak cepat berlumut. Seperti Batu Sukabumi, Batu Bali Green, Batu Andesit, Batu Palimanan, Batu Candi, atau Batu Paras Putih Jogja.

      4. Carport

            Carport adalah pelataran halaman depan rumah yang menghubungkan pintu pagar depan rumah dengan teras maupun garasi. Desain untuk carport sendiri beraneka ragam, salah stunya perpaduaan antara batu alor hitam dan batu krikil sikat yang membentuk pola catur. Diluar koral sikat, sifat batu alam yg lebih kesat membuat resiko terjatuh akibat lantai yang licin dapat diminimalisir.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam penerapan batu alam pada eksterior rumah antara lain:

  1. Jenis batuan harus tahan terhadap iklim & cuaca. Dikarenakan letak geografis Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan cukup tinggi, sehingga resiko tumbuhnya lumut dan pengikisan batu menjadi cukup tinggi.
  2. Batuan juga harus kuat dan tidak berpori, sehingga tidak mudah ditumbuhi lumut.

 

Batu Alam Pada Interior

f7b2ce56

Berbeda dengan pengaplikasian batu alam pada eksterior, pemilihan jenis batu alam yang diaplikasikan pada interior umumnya disesuaikan dengan fungsi ruangan yang akan diaplikasikan, dan suasana/nilai estetika yang ingin diciptakan.

Batu alam pada interior dapat juga dijadikan aksesoris untuk memperindah ruang. Batu alam pada interior ruang biasanya diaplikasikan pada dinding dan lantai. Berikut ini beberapa pengaplikasian pada interior ruangan:

1. Dinding Ruang

interior

            Pengaplikasian batu alam pada dinding ruang, memiliki fungsi sebagai penyeimbang serta pelunak ruang yang terkesan monoton. Pengaplikasian batu alam pada dinding dapat juga dijadikan sebagai pembatas antar ruang, maupun fokus utama pada suatu ruangan. Hal ini disebabkan hadirnya nuansa estetika yang menarik oleh material tersebut.

2. Lantai

1331604537-amee119-47-669x1000

            Pada umumnya lantai rumah dirancang menggunakan keramik, atau granite tile. Namun saat ini, penerapan batu alam pada lantai juga banyak diterapkan dengan tujuan memunculkan kesan alami. Pengaplikasiannya biasanya disusun secara acak maupun dengan motif catur. Batu alam yang biasanya digunakan pada lantai yaitu batu candi, batu paras putih, batu koral sikat, batu andesit dan sebagainya.

 

Langkah merawat ‘Si-Batu’

Pengaplikasian batu alam yang baik bukan hanya dilihat dari pemasangan dan peletakannya saja, namun juga membutuhkan perawatan untuk terus menjaga nilai kualitasnya.

Batu alam yang diaplikasikan pada eksterior akan sangat rentan terhadap cuaca. Untuk menjaga kondisi batu alam tetap baik, perlu dilakukan perawatan secara berkala dengan cara meng-coating setiap 6 bulan sekali. Untuk batu alam yang tidak di-coating, cukup dengan menyikatnya menggunakan cairan pembersih berbasis air yg tidak keras.

Sedangkan untuk yg berada di interior perawatan dilakukan secara berkala dengan meng-coating setiap satu tahun sekali, atau dibersihkan menggunakan vacuum cleaner demi menghilangkan debu yang menyebabkan batu kusam dan berlumut.

Akhir kata, Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi. ;)

 

Diana Fransisca.

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: