Mendesain Ruang Kantor 1

17 Sep

Lihatlah ruang kerja anda, perhatikan suasana yang tercipta. Sudahkah memenuhi kebutuhan pola kerja karyawannya dengan baik? Tahukah anda bahwa ruang tempat anda bekerja dapat mengangkat motivasi kerja anda?

Maka tentunya anda pasti tahu, bahwa mendesain sebuah ruang kantor memerlukan dilakukannya beberapa pertimbangan yang cukup penting. Hal ini dilakukan, terutama dan antara lain adalah untuk menciptakan pola kerja yang sesuai, kinerja yang produktif, dan suasana kerja yang nyaman.  Selain itu, perlu diperhatikan juga pemilihan material serta warna yang sesuai dengan identitas kantor dan iklim pekerjaan. Mengapa begitu? Lalu, bagaimanakah proses perancangan sebuah desain yang baik dan tepat?  Berdasarkan pengalaman demi pengalaman yang telah kami lakukan, akan kami bagi pada anda, langkah demi langkah proses perancangan ruang kantor.

Sebelumnya, terlebih dahulu ketahuilah tujuan kegunaannya.

Kita mulai dari tujuan fungsionalnya. Tujuan fungsional dari sebuah ruang kantor, sudah pasti dan tidak lain adalah merupakan wadah untuk menampung karyawan dalam menjalankan tugas dan aktivitasnya. Maka, pertimbangan utama adalah pembuatan wadah yang tepat guna dalam mengakomodir kegiatan para pengguna ruang.

Pertimbangan ke-2, jatuh pada keberhasilan terakomodir dan diintegrasikannya fungsi sosial dan simbolik. Fungsi sosial yang terakomodir dengan baik, adalah rancangan yang mampu meningkatkan interaksi dan menstimulasi kreativitas para karyawan. Sedangkan fungsi simbolik yang terintegrasi dengan baik, adalah desain ruang kantor yang mampu menyampaikan identitas/ brand perusahaan terhadap pihak internal perusahaan (karyawan) maupun masyarakat (customer dan khalayak umum).

Beberapa isu pertanyaan yang menjadi bahan pertimbangan kami ketika mendesain ruang kantor :

  • Apa dan bagaimana identitas organisasi /perusahaan?
  • Lingkungan seperti apa yang mendukung pegawai organisasi/perusahaan tersebut untuk produktif bekerja?
  • Kegiatan apa saja yang perlu difasilitasi didalam ruang kantor?
  • Apa saja ruang yang mendukung kerja individu secara maksimal?
  • Bagaimana ruang yang mendukung kerja tim secara maksimal?

Isu pertanyaan tersebut berkaitan erat dengan struktur birokrasi dari organisasi / perusahaan. Hal tersebut kembali kepada tujuan perancangan, yaitu membuat kinerja yang produktif dari sebuah struktur birokrasi. Kata produktif merujuk pada keseimbangan yang baik antara kontribusi yang diberikan oleh para karyawan, dengan biaya yang perlu dikeluarkan oleh organisasi / perusahaan.

Arsitek/ desainer interior memiliki kewajiban untuk menghasilkan desain serta rancangan ruang kantor yang efektif terkait dengan kinerja yang produktif. Tidak menutup kemungkinan, perubahan dari sebuah struktur birokrasi berarti juga adalah, perubahan dari perancangan sebuah ruang kantor. Dan tentu anda setuju, bahwasanya struktur birokrasi yang efektif, berbanding lurus dengan kinerja yang efektif. Bukan begitu?🙂

Langkah berikutnya adalah, memutuskan sejumlah hal yang terkait dengan kebijakan perusahaan serta tipe pekerjaan dari SDM yang bekerja dalam perusahaan / organisasi.

– Lokasi Kerja : Dalam ruang Vs Luar ruang.
Apakah karyawan lebih banyak bekerja didalam kantor atau dituntut untuk lebih banyak menghabiskan kerja diluar kantor.

– Fungsi : Workstation Vs Hot desks
Apakah karyawan mendapatkan meja kerjanya secara personal atau harus berbagi dengan karyawan lain.

Layout : Dinding Vs Open spaces
Apakah layout kantor lebih baik dibatasi dengan dinding atau dibuat menjadi ruang kerja terbuka, atau dapat pula kombinasi dari keduanya.

– Nuansa : Netral Vs Ekspresif
Apakah ruang kantor direncanakan untuk memiliki iklim kerja yang sangat tenang atau iklim kerja yang bersemangat.

– Pengarsipan : Digital Vs kertas
Apakah kantor sudah menyimpan arsip-arsip secara digital atau melakukan penyimpanan arsip-arsip dalam bentuk hardcopy.

– Standarisasi Konsep : Satu Vs Majemuk
Apakah kantor memiliki satu konsep untuk semua divisi ataukah setiap divisi dibebaskan untuk memiliki konsep masing-masing.

Kegagalan dari tidak dapat dierjemahkannya kebutuhan-kebutuhan dari sebuah ruang kerja organisasi / perusahaan tersebut, akan berakibat kepada terciptanya ruang-ruang yang tidak efektif-guna. Namun jangan khawatir, lakukan analisa dengan mencaritahu jawaban dari setiap pertanyaan diatas. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka bukan hanya kita dapat mendesain kantor sesuai yang diinginkan oleh pengguna, namun juga tepat sasaran dengan kebutuhannya.

Sekian sebagian dari proses mendesain ruang kantor yang dapat kami bagi dengan anda. Semoga dapat menginspirasi, dan..

Selamat mendesain.🙂

 

Bryane Soemarno, S.Ars

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

One Response to “Mendesain Ruang Kantor 1”

  1. devianggar October 7, 2013 at 11:05 pm #

    Reblogged this on devianggar.wordpress.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: