Pencahayaan dan Arsitektur 1

10 Dec

index
Pencahayaan atau lighting adalah salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan interior maupun arsitektur. Pencahayaan atau lighting, selain berfungsi sebagai penerangan juga dapat dijadikan sebagai aksesoris untuk memberi nilai estetika sebuah ruang maupun fasad. Untuk merancang penataan cahaya yang baik, mari kita ketahui terlebih dahulu 2 kalisifikasi utama pencahayaan.

Pencahayaan terbagi menjadi dua berdasarkan sumbernya. Yaitu: Pencahayaan alamiah atau daylighting dan pencahayaan buatan atau biasa disebut dengan artificial lighting.

a.Pencahayaan Alamiah (Daylighting)
images2
Pencahayaan alamiah adalah pencahayaan yang bersumber dari sinar matahari yang muncul dari pagi menjelang siang hingga sore hari. Kelebihan dari pencahayaan ini adalah hemat biaya, karena tidak bergantung kepada energi listrik, serta tidak membutuhkan perawatan instalasi seperti pencahayaan buatan. Namun kerugiannya ada pada intensitas cahaya yang tidak dalam kendali manusia. Akibatnya, hasil pencahayaan kerapkali tidak konsisten. Pada umumnya pencahayaan alamiah diperoleh melalui pintu, jendela, atau dengan cara memasang jendela kaca di atap (skylight).

b. Pencahayaan Buatan (Artificial Lighting)

Pencahayaan buatan merupakan pencahayaan yang memanfaatkan teknologi buatan manusia atau energi olahan seperti lampu. Pencahayaan buatan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cahaya pada siang maupun malam hari, dan terutama untuk kebutuhan cahaya di dalam ruang. Tujuannya adalah, untuk membantu indra visual manusia melakukan aktivitasnya dengan tepat.

Dalam penempatannya, intensitas sumber cahaya harus bersifat tetap, merata, tidak menyilaukan, tidak kedap-kedip, dan sehat untuk mata. Kelebihan dari konsep pencahayaan buatan adalah, intensitas cahaya yang lebih stabil serta pilihan warna yang bervariasi. Sementara itu kerugiannya adalah, memerlukan perawatan untuk sumber cahaya dan instalasinya. Selain itu, pencahayaan ini sangat bergantung pada energi buatan sehingga membutuhkan biaya.

Berdasarkan pengaplikasiannya, pencahayaan terbagi menjadi dua cara, yaitu sistem pencahayaan langsung dan tidak langsung. Berikut definisninya:

a. Sistem Pencahayaan Langsung

Sistem pencahayaan langsung merupakan penempatan sumber cahaya secara langsung pada permukaan bidang aplikasi, baik dalam pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan. Permainan cahaya langsung memunculkan efek bayangan yang kuat serta menjadikan beberapa bidang tak tersinari.
Tujuan dari sistem pencahayaan ini adalah, mengoptimalkan penerangan umum untuk meningkatkan intensitas cahaya ruang, agar mendukung kegiatan yang ada di ruangan tersebut. Pengaturan yang tepat dan cermat dalam peletakan titik cahaya langsung akan memberikan kesan tegas, fungsional, dan nyaman.

b. Sistem Pencahayaan Tidak langsung

Sistem ini merupakan sistem yang menempatkan sumber cahaya dibalik suatu bidang aplikasi, dan memanfaatkan refleksi cahaya dari balik bidang tersebut untuk membentuk kesan cahaya tertentu. Permainan cahaya tidak langsung menghasilkan efek gradasi dan bayang-bayang pada bidang yang tidak terkena cahaya.
Sistem pencahayaan ini memiliki tujuan utama yaitu untuk menegaskan kesan tertentu dari suatu ruang, atau membentuk batasan pada suatu bidang aplikasi.

small-bedroom-lighting

Dengan ini, anda sudah memahami definisi dari 2 jenis pencahayaan yang utama dan aplikasi pencahayaan langsung maupun tidak langsung. Berikut akan kami jelaskan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam perancangan cahaya alami maupun buatan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan Pencahayaan Alami:

  • Menyesuaikan lebar jendela yang akan digunakan dengan lebar ruangan, agar cahaya yang diserap tidak terlalu banyak ataupun sedikit.
  • Menghindari peletakan jendela di sisi barat dan timur. Hal ini dikarenakan indonesia terletak pada kawasan tropis, dimana sinar matahari dapat menjadi terlalu terang dan terlalu panas.
  • Bila memang terpaksa membuat jendela yang menghadap ke sisi tersebut, sebaiknya diberikan pembatas atau filter seperti kisi-kisi, pepohonan, ataupun overhang.
  • Untuk penggunaan skylight, pastikan bahwa skylight tersebut tidak memiliki celah yang memungkinkan masuknya air hujan.

Pengaturan Pencahayaan Buatan juga memerlukan perhatian. Bahkan ekstra perhatian. Hal ini dikarenakan pencahayaan ini bergantung kepada energi buatan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan Artificial Lighting:

cool_design_feng_shui_living_room_with_modern_interior_and_lighting-www-ventasalud-com-cool-design-feng-shui-living-room-with-modern-interior-and-lighting

  • Pemilihan penggunaan lampu sesuai dengan kegiatan yang terjadi didalam ruang. Setiap jenis aktivitas memiliki kebutuhan intensitas cahaya yang berbeda. Sebagai contoh pencahayaan pada kamar tidur sebaiknya tidak terlalu terang dan silau, agar memberikan efek nyaman pada saat beristirahat. Sebaliknya, ruang dengan aktivitas yang tinggi seperti ruang kelas membutuhkan pencahayaan yang cukup terang, sehingga mampu mengakomodir indra visual pengguna ruangnya secara optimal.
  • Pengaturan posisi peletakan cahaya buatan dengan baik, agar menghasilkan cahaya atau sinar yang tepat guna. Yaitu ketika posisi jatuh cahaya sesuai kebutuhan maupun keinginan.
  • Berdasarkan jenisnya, lampu terdiri dari beberapa tipe dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya, sebelum melakukan pemilihan jenis lampu, kenali terlebih dahulu jenis-jenis lampu yang akan dipergunakan agar sesuai dengan kebutuhan secara optimal dan mengefisienkan biaya yang dikeluarkan.
  • Pemilihan warna lampu juga perlu disesuaikan dengan fungsi penerangan dan fungsi ruangan itu sendiri. Jika nilai estetika dengan permainan tema yang ingin ditonjolkan, maka dapat menggunakan warna-warna unik sepeti biru atau ungu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan pencahayaan saat ini bukan saja sebagai pemenuh kebutuhan fungsional, tetapi juga kebutuhan estetika terhadap desain interior maupun arsitektur.

Akhir kata, Oleh karena pembahasan lebih dalam mengenai tema ini dapat menjadi cukup panjang, maka akan kami lanjutkan di kesempatan selanjutnya.

Semoga menginspirasi🙂

 

Diana Fransisca.

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: