Perlukah Jasa Konsultan Arsitektur?

5 Dec

“Perlukah jasa konsultan arsitektur? Kenapa harus menggunakan jasa konsultan?”

Pertanyaan ini seringkali muncul ketika ingin membangun/merenovasi rumah/bangunan lainnya. Sebagian orang berpendapat bahwa, biaya untuk menyewa biro konsultan cukup mahal, lagi pula kita bisa mendesain sendiri atau menyampaikan keingininan desain kita langsung ke tukang maupun kontraktor demi menghemat biaya..” Sah-sah saja jika Anda sependapat dengan pemikiran tersebut, namun yang perlu digaris bawahi ialah, setiap perencanaan pembangunan yang kurang matang memiliki resiko yang cukup tinggi. Salah satu diantaranya ialah kualitas bangunan yang didirikan kurang baik, kurangnya nilai estetika, hingga pembengkakan biaya pembangunan.

mindmap-konsultan copy

Lalu mengapa dalam membangun maupun merenovasi Anda membutuhkan jasa konsultan arsitektur? Beberapa hal dibawah ini bisa Anda jadikan pertimbangan mengapa Anda memerlukan Jasa Arsitektur:

 Minimalisir Pemborosan Biaya & Waktu

Pembangunan/renovasi yang dilakukan tanpa adanya perencanaan yang matang  seringkali  menghasilkan bangunan yang tidak sesuai dengan  ekspektasi semula. Beberapa diantaranya menerima “apa adanya” bangunan yang telah  terbangun, dan ada pula yang  rela merogoh kocek lebih dalam demi bangunan yang sesuai keinginannya dengan cara melakukan pembongkaran dan pengaplikasian ulang bangunan. Pembongkaran tersebut pastinya memakan biaya dan waktu yang cukup banyak. Maka dari itu, salah satu keuntungan menyewa jasa  konsultan arsitektur ialah setiap detil proses perancangan bangunan di rencanakan secara matang oleh para ahli mulai dari design, rencana anggaran, rencana kerja, hingga ke detil-detil lainnya, sehingga dapat meminimalisir pembengkakan biaya pembangunan serta waktu pengerjaan yang terperinci.

Aplikasi Imajinasi

Menerjemahkan dan merealisasikan keinginan dalam pemikiran kedalam suatu bangunan bukanlah perihal mudah, karena seringkali bangunan yang dihasilkan tidak sesuai dengan gambaran yang ada dalam pemikiran semula. Berbeda halnya apabila Anda menggunakan jasa konsultan arsitektur, Anda cukup dengan menyampaikan keinginan Anda untuk bangunan Anda serta informasikan pula kebutuhan-kebutuhan Anda terhadap bangunan tersebut. Para tim Ahli tentunya akan menangkap keinginan dan kebutuhan kliennya, yang kemudian akan diterjemahkan melalui ilustrasi visual, berupa gambar 3 dimensi dari bangunan yang dirancang. Bagian ini juga merupakan bagian penting pra-konstruksi, karena apabila terdapat perubahan desain yang diinginkan akan lebih mudah dilakukan pada tahap ini, ketimbang pada saat pembangunan telah berlangsung.

Memaksimalkan Fungsi dan Tata Ruang

Pernahkah Anda memasuki ruang yang terlalu rendah seakan kepala Anda akan mencapai atap rumah? Atau memasuki sebuah ruang dengan posisi ruang yang kurang nyaman? Dalam hal ini tim ahli dari konsultan akan merancang sebuah denah atau tata ruang dengan mempertimbangkan aktivitas yang akan terjadi didalamnya, serta memperkirakan seberapa besar ukuran ruangan yg diperlukan untuk menunjang aktivitas didalamnya. Selain itu, yang akan dijadikan pertimbangan lainnya ialah penempatan ruang, mulai dari urutan aktivitas yang terjadi diantar ruang, serta penempatan ruang-ruang yang bersifat pribadi.

 Kontrol Budget

Untuk membangun atau merenovasi, tentunya kita harus memperhitungkan biaya yang dibutuhkan dengan budget yang tersedia agar ketika proses pembangunan berlangsung tidak terhambat oleh pembengkakan biaya. Dalam hal ini, arsitek/konsultan akan menyusun anggaran biaya dengan menyesuaikan kebutuhan owner dengan landasan budget yang telah dianggarkan oleh owner, dengan tanpa mengurangi estetika desain. Dengan matangnya anggaran pra-rencana, dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan budget ketika proses pembangunan berlangsung karena budget yang direncanakan telah dihitung berdasarkan spesifikasi design akhir dan material yang telah ditentukan. fck201108201107024259c9dd37008d2a

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan arsitektur, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan demi menghindari ketidakpuasan dari hasil desain maupun ketika proses perancangan berlangsung, antara lain:

  1. Ketika Anda mempercayai perancangan Rumah Anda pada konsultan arsitektur, ada baiknya Anda mencermati dan mengenali gaya arsitektur dari Si-konsultan tersebut. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan gambaran design yang akan diterapkan pada proyek Anda. Atau jika Anda menginginkan desain yang terlepas dari gaya si-konsultan, Anda dapat mengkonsultasikan langsung gaya seperti apa yang diinginkan.
  2. Kembali berhubungan dengan biaya. Setiap konsultan arsitektur akan memberikan penawaran jasa desain yang berbeda-beda melalui paket jasa yang mereka sediakan. Untuk itu, Anda perlu mencermati paket jasa yang ada untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan Anda akan jasa desain tentunya sesuaikan pula harga paket tersebut dengan budget yang bisa Anda akomodir.
  3. Hal yang tidak kalah penting ketika Anda menggunakan jasa konsultan arsitektur ialah komunikasi yang cukup. Komunikasi disini seperti, berkonsultasi, memberikan informasi mengenai kondisi bangunan eksisting maupun budget yang dianggarkan serta keinginan Anda. Mengapa komunikasi menjadi bagian yang cukup penting? karena beberapa contoh kasus ketidakpuasan para pengguna jasa terhadap desain yang dihasilkan maupun proses pelayanan yang kurang memuaskan adalah berasal dari kurangnya komunikasi antar klien dengan konsultan.

Jadi, segera konsultasikan bangunan yang ingin Anda ciptakan untuk hasil yang maksimal🙂

Semoga bermanfaat🙂

Salam Hangat

Diana Fransisca,

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: