Yuk, mengenal ragam Lampu

20 Jan

Dalam perancangan bangunan, pencahayaan merupakan bagian yang cukup penting. Kualitas cahaya dari sumber cahaya sangat menentukan hasil akhir kualitas maupun efisiensi pencahayaan pada bangunan. Untuk itu, sangat berguna jika kita mengenal lebih jauh jenis pencahayaan dan penerapannya pada sebuah rancangan / bangunan.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa sumber cahaya terbagi menjadi pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan diciptakan oleh manusia dan dikendalikan oleh manusia. Diantara pencahayaan buatan ini adalah pembakaran kayu, minyak, dan penerangan yang menggunakan listrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan lampu. Lampu merupakan pencahayaan buatan yang secara umum digunakan oleh masyarakat masa kini (modern.red). Berikut ini adalah berbagai tipe lampu :

A. Lampu Pijar dan Lampu Hologen

Lampu Pijar
Lampu Pijar merupakan lampu yang menghasilkan cahaya putih ketika arus listrik memanaskan filamen lampu yang terbuat dari bahan Tungsten hingga panas dan berpijar. Terang cahaya yang dihasilkan tergantung dari tingkat kepanasan filamennya, semakin panas filamennya maka akan semakin terang cahaya yang dihasilkan.
Saat ini standar lampu Pijar yang digunakan ialah filamen tungsten, mampu menghasilkan cahaya berwana putih hangat serta mampu bertahan sekitar 750-1000 jam. Lampu Pijar sangat rendah efisiensinya, yaitu mengalihkan sekitar 90% dari daya listrik menjadi panas dan hanya 10% yang diubah menjadi cahaya. Efisiensi energinya sekitar 5-20 lumen per-watt.

lampuhalogen5-20 lumen per-watt.
Lampu Halogen memiliki prinsip kerja yang sama dengan lampu Pijar. Perbedaannya adalah pada pancaran cahaya yang tidak menyebar melainkan hanya mengarah ke satu arah (spot) dan bagian casingnya terbuat dari kaca kuarsa tebal. Hal itu yang menjadikan lampu halogen banyak digunakan untuk pencahayaan ruang pamer, museum, toko, dan lain sebagainya. Lampu Halogen memiliki tingkat efisiensi energi antara 15-25 lumen per-watt.
Lampu Pijar & Halogen dalam proses pengoperasiannya mampu seketika dinyalakan dan dipadamkan, serta mudah diredupkan. Kekurangan lampu ini adalah disebabkan 90% dari daya listrik diubah menjadi panas, maka suhu bohlam pada kedua lampu ini bisa menjadi sangat panas sehingga mempengaruhi suhu udara di ruangan yang menggunakan, ataupun area yang disorot cahaya dari lampu ini.

B. Lampu Fluorescent / CFL (Compact Fluorescent Lamp)

Lampu fluorescent / CFL

Lampu Fluorescent / CFL merupakan bohlam lampu yang sangat baik untuk bangunan komersial dan institusi. Hal itu disebabkan karena Lampu Fluorescent memiliki masa hidup yang lebih panjang, yaitu antara 10-20 kali lampu pijar dan luminance (terang) yang lebih tinggi, serta panas yang lebih rendah. Dengan intensitas cahaya yang sama, CFL hanya menggunakan energi 1/3 atau 1/5 lampu pijar. Bila dilihat dari segi harga, CFL lebih mahal. Tetapi dapat menghemat pembelian sebanyak lima kali karena masa hidupnya yang lebih lama, yaitu 1 sampai 2 tahun tergantung pola pemakaian. Kelemahan lampu ini dibanding lampu pijar ialah isi dari bohlamnya adalah gas kimia (mercury) yang kurang baik bagi kesehatan manusia, dan akan terjadi pencemaran Mercury ke lingkungan jika lampu pecah.
Lampu Fluorescent ini memiliki bentuk standar yaitu tabung yang lurus dengan ukuran terpanjangnya 8” dan yang terpendek 4”. Adapun untuk type bohlam ia dibuat dengan berbagai bentuk mulai dari tabung U, spiral, hingga bola. Lampu Fluorescent memiliki dasar ulir sehingga mampu secara langsung menggantikan lampu Pijar dalam soket lampu Pijar; dan seperti halnya lampu halogen dan LED, lampu ini juga memiliki dasar colokan yang diracang untuk dipasang ke soket luminair khusus untuk lampu Fluorescent ringkas.

C. Light-Emitting Dioda /LED

pl1065765-10w_810_lumend_smd_e27_led_bulb_lightings_with_50_000_hours_life_no_uv

Lampu Light Emiting Dioda atau yang biasa disebut lampu LED adalah lampu penerangan yang berbentuk solid tanpa adanya gas maupun zat kimia. Lampu LED tidak memerlukan gas untuk menghasilkan cahaya atau dengan kata lain tidak mengandung mercury sehingga ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Bila dilihat dari intensitas cahayanya, lampu LED memiliki Intensitas cahaya yang cukup baik.
Jika pada lampu Pijar konvensional, proses produksi cahaya menghasilkan panas yang tinggi karena filamen lampu harus dipanaskan, LED tidak memiliki filamen yang terbakar sehingga hanya sedikit menghasilkan panas. Hal ini menjadikan porsi terbesar dari energi listrik digunakan untuk menghasilkan cahaya yang menjadikannya mengeluarkan intensitas yang baik (intensitas yang lebih baik daripada CFL) namun dengan energi (wattage) yang lebih efisien. Hal ini membuat pemakaian energi listrik dan pekerjaan mesin pendingin ruangan (AC) lebih ringan dan sangat hemat pada perancangan yang menggunakan lampu LED. Kelebihan lainnya adalah lampu ini memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang dibandingkan kedua jenis lampu sebelumnya, yaitu antara 5 s.d. 15 tahun.

led-strip-lights
Dari segi bentuk, lampu LED memiliki beragam bentuk mulai dari yang menyerupai bohlam, pita atau biasa disebut striplight, Sorot/Spotlight, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk penempatannya, lampu LED dapat ditempatkan pada berbagai tempat, seperti pencahayaan di sudut ruangan, pencahayaan untuk menonjolkan aksen tertentu dan pencahayaan independent seperti table lamp atau standing lamp. Bentuknya yang sederhana, kecil, kompak dan mudah ditempatkan menjadikan lampu ini lebih unggul dibanding kedua jenis lampu sebelumnya.
Dengan berbagai kelebihan tersebut lampu LED ini memiliki potensi untuk menggantikan posisi lampu jenis CFL yang sudah lebih dulu akrab digunakan masyarakat.

Demikian pembahasan kami mengenai ragam lampu yang umum digunakan sebagai pencahayaan buatan masa kini (era modern).
Maka, lampu manakah yang akan anda pilih?😉

 

-Diana Fransisca-

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: