Yuk, kita bangun Sumur Resapan Air Hujan. ^ ^

8 Apr

Pertumbuhan ibu kota yang semakin pesat dapat dilihat dari semakin banyaknya pembangunan gedung dan sarana infrastruktur yang megah. Namun pada ibukota kita secara global, pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan solusi yang tepat untuk lingkungan. Salah satu contohnya adalah banjir yang masih saja melanda ibukota tercinta sampai dengan tahun 2014 ini.😦

Masalah banjir utamanya disebabkan oleh beberapa sebab. Antara lain yaitu: pendangkalan sungai; gaya hidup masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan😦 ; pembuangan limbah air langsung ke sungai dan bukan ke tanah; sampai dengan hilangnya fungsi tanah sebagai daya serap akibat terbatasnya lahan yang disediakan bagi penyerapan air😦 .

Tentu saja ini merupakan masalah besar bagi masa depan penghuninya.😦

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa usaha yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan pembuatan sumur resapan air hujan. Sumur resapan air hujan adalah sebuah lubang yang dibuat di permukaan tanah, untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah. Sumur ini jelas berbeda dengan sumur air minum. Dan secara prinsip sumur ini memiliki fungsi kebalikan dari sumur air minum. Jika sumur air minum berfungsi untuk menaikan air tanah ke atas permukaan, sumur resapan justru berfungsi memasukan air kedalam tanah. Mengapa demikian? Mengapa air harus dimasukkan ke dalam tanah?

Tanah adalah sebuah media penyerapan air yang berguna untuk kelangsungan hidup vegetasi maupun berbagai mahluk hidup diatasnya. Secara alamiah, air di dalam tanah ini terus bergerak ke arah danau ataupun laut untuk selanjutnya terkondensasi menjadi awan dan lalu menjadi hujan dan turun kembali ke bumi. Setelah turun, sebagiannya akan diserap oleh tanah dan sebagian lainnya lagi akan jatuh di sungai, yang lalu akan dilepaskan lagi menjadi awan. Lalu, dimana letak kesalahannya?

Sesungguhnya, volume hujan, air tanah, air sungai, dan laut adalah konsisten sifatnnya. Oleh karenanya, jika tanah tidak dapat menyerap air hujan sesuai dengan volume yang seharusnya ia terima, maka volume air tsb akan dilimpahkan di atas bidang sekitarnya ataupun mengalir kembali ke sungai terdekat. Maka terjadilah kelebihan volume air di daratan yang menyebabkan banjir, serta kelebihan volume air sungai yang menjadi resiko terhadap lingkungan di sekitarnya.

Wah, ternyata cukup berbahaya yaa.😦

 

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk menindak kondisi tersebut?

Ya betul, membangun sumur resapan! Berikut adalah beberapa manfaat lain dari Sumur Resapan:

  • Mengembalikan kemampuan penyerapan air hujan sehingga dapat menjaga dan menambah persediaan air tanah, serta mempertahankan tinggi muka air tanah.
  • Menahan terjadinya kenaikan air laut di sekitar daerah yang berdekatan dengan wilayah pantai.
  • Mencegah penurunan atau amblasnya elevasi tanah.
  • Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.

Eits, tapi bagaimana cara membuat sumur resapan air hujan yang benar? Nah, inilah persyaratan teknis yang perlu diperhatikan:

  1. Tingkat kedalaman air tanah pada saat musin hujan;
  2. Nilai permebilitas tanah struktur tanah; dan
  3. Adanya jarak antara sumur resapan air hujan dengan sumur air bersih sebesar minimal 3 meter, dan jarak dengan septik tank sebesar minimal 5 meter.

 

Nah, berikut ini adalah salah satu contoh skema gambar sumur resapan air hujan:

DETAIL SUMUR RESAPAN

 

Sebuah sumur resapan air hujan sederhana, memiliki beberapa jenis konstruksi antara lain, yaitu:

  • Sumur dengan susunan batu bata, batu kali atau batako di dinding sumur, yang dasar sumurnya diisi dengan batu belah dan ijuk atau kosong saja.
  • Sumur menggunakan buis beton sebagai dinding sumur
  • Sumur menggunakan blawong (batu cadas yang dibentuk khusus untuk dinding sumur).

Kira-kira seperti ini skema konstruksi salah dua dari tiga jenis konstruksi tersebut:

dasar-sumur

Tapi tunggu dulu, tidak semua lingkungan cocok untuk diterapkan jenis sumur resapan air hujan sederhana seperti itu lho. Jenis konstruksi S.R.A.H. bergantung pada jenis tanah lokasi pembangunan sumur resapan air hujan itu berada. Silahkan konsultasikan kepada yang ahli.

 

Demikian mengenai peran penting sumur resapan air hujan. Yuk, kita bangun sumur resapan air hujan.  ;)

 

 

-Diana Fransisca-

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

 

One Response to “Yuk, kita bangun Sumur Resapan Air Hujan. ^ ^”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Yuk, kita bangun Sumur Resapan Air Hujan. ^ ^ | chooseandbuild - April 8, 2014

    […] Yuk, kita bangun Sumur Resapan Air Hujan. ^ ^. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: