Arsitektur Hijau dengan Inner Courtyard

22 May

Readers, apakah yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar kata “Inner Courtyard” ? Ditengah booming-nya trend green architecture, Inner Courtyard menjadi salah satu elemen yang sering dikaitkan dengan ‘rumah hijau’.

Inner-Courtyard

Inner Courtyard (patio) atau yang lebih dikenal dengan sebutan pelataran dalam, merupakan sebidang lahan di area dalam rumah yang difungsikan sebagai taman. Bila ditilik dari fungsinya, Inner Courtyard memiliki fungsi yang sama dengan fungsi taman pada umumnya, yaitu untuk membersihkan udara di sekitar rumah, tempat bersantai, serta menambah estetika rumah itu sendiri. Jika dibandingkan dengan Front Yard maupun Back Yard, Inner Courtyard memiliki beberapa keunggulan. Berikut ini perbandingan Inner Courtyard, Front Yard, dan Back Yard :

tabel inner courtyard

Pada pengaplikasiannya, Inner Courtyard dapat dikreasikan sesuai dengan luasan area yang tersedia. Bagi rumah dengan lahan terbatas, pilihan kreasi Inner Courtyard yang cocok diaplikasikan adalah jenis taman kering. Mengapa begitu? Karena jika dilihat dari pengaplikasian dan perawatannya, jenis taman ini sangat praktis. Anda tidak memerlukan waktu maupun biaya ekstra untuk merawatnya.

Pada jenis taman kering ini, anda dapat meletakkan beberapa tanaman hias sebagai main item taman Anda. Ada berbagai jenis tanaman yang cocok untuk diaplikasikan pada Inner Courtyard, misalnya Sansevieria (lidah mertua), Kaktus, Aglaonema, cemara udang, patah tulang, dan masih banyak lagi. Untuk sentuhan akhir, letakkan taburan batu koral di sekitarnya atau Anda dapat mempermanis taman Anda dengan menambahkan stepping stone dan gentong air tradisional sebagai aksen. Atau bila memiliki space yang cukup Anda bisa meletakkan bangku sebagai tempat bersantai.

inner-courtyard

Sedangkan untuk Inner Courtyard dengan space yang lebih luas, Anda dapat mengaplikasikan jenis taman basah. Anda bisa mengkreasikannya dengan menambahkan kolam ikan atau beberapa aksen lainnya seperti air mancur dan patung. Kanopi dan bale-bale pun tak boleh ketinggalan jika Anda ingin betah berlama-lama di taman Anda.

Namun sebenarnya Anda bebas memilih jenis tanaman dan berbagai aksen tambahan pada Inner Courtyard sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, silahkan berkreasi dan selamat mencoba!🙂

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

One Response to “Arsitektur Hijau dengan Inner Courtyard”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Arsitektur Hijau dengan Inner Courtyard | chooseandbuild - May 22, 2014

    […] Arsitektur Hijau dengan Inner Courtyard. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: