Rumah Idaman Dengan Balkon

3 Jun

 

Readers, rumah dengan balkon tentu bukan hal yang asing bagi kita. Balkon merupakan serambi atau teras yang berada di lantai atas pada bangunan bertingkat. Keberadaan balkon sendiri tidak wajib bagi setiap rumah, namun mengingat letak balkon yang sangat potensial, balkon pun menjadi elemen arsitektur yang eyes catchy dan banyak diminati.

Nah, namun tahukah Anda mengapa balkon menjadi cukup diminati? Yup! Salah satu sebabnya ialah karena keberadaannya yang memberikan nilai tambah pada fasad rumah. Terlepas dari hal itu, terdapat beberapa fungsi lain dari balkon yang juga menarik untuk diulik. Berikut ini adalah beberapa fungsi lain balkon :

  • Balkon sebagai pengoptimalan ruang

Butuh ruang untuk aktivitas ‘extra’ namun area yang tersedia minim? Jika iya, balkon dapat menjadi solusinya. Selain dapat membuat rumah terlihat lebih luas, balkon juga dapat menjadi “ruang serbaguna” Anda. Balkon dapat Anda jadikan sebagai alternatif ruang untuk melakukan senam ringan atau yoga sambil menghirup udara segar di pagi hari dari balkon Anda. Asyik bukan? Atau bagi Anda yang senang berkebun, balkon ini dapat menjadi area bercocok tanam Anda.

77-cozy-balcony-designs-77

  • Balkon memperluas pandangan

Karena letaknya yang berada di lantai atas, Anda dapat menikmati berbagai pemandangan menarik dari balkon. Jika rumah Anda berada di daerah yang cukup asri, tentu akan menjadi hal yang mengasyikan ketika Anda dapat melihat pemandangan alam dari rumah Anda sendiri. Namun jika rumah Anda berada di daerah kota, tidak ada salahnya bukan menikmati pemandangan kota dari sisi lain?

 

  • Balkon menjadi sarana ekpresi diri dan penanda

Di era modern seperti ini, rumah tentu saja tidak hanya menjadi tempat tinggal. Estetika dan citra fasad rumah menjadi salah satu hal yang cukup penting. Dan inilah yang menjadi kelebihan lain dari balkon, balkon dengan desain yang menarik bisa dijadikan sebagai “icon” pembeda atau ciri khas dari suatu bangunan. Jadi, sesungguhnya balkon sendiri bukan hanya sebagai elemen pelengkap pada sebuah bangunan, melainkan merupakan satu kesatuan dari bangunan tersebut.

 

  • Balkon sebagai penaung

Dengan letak balkon yang berada pada bagian yang lebih tinggi, balkon dapat berfungsi untuk menaungi ruang di bawah maupun di belakangnya. Keberadaan balkon disini, berfungsi sebagai penyekat maupun filter dari sinar matahari yang masuk kedalam ruang yang berada dibawahnya maupun penyekat dari air yang turun ketika terjadi hujan deras atau bahkan ekstrem.

 

Ternyata keberadaan balkon sangat bermanfaat ya? Tertarik untuk membuat balkon pada rumah Anda? Nantikan artikel kami lainnya🙂 Semoga menginspirasi! ^^

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: