Aplikasi Gaya Rumah Country Khas Amerika

5 Jun

Hello Readers!

Rumah country memang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Namun, minimnya informasi seputar rumah country (mulai dari referensi desain hingga pengetahuan seputar ragam cara pengaplikasiannya) membuat rumah jenis ini hanya memiliki segelintir peminat. Nah, kali ini mari kita ulik lebih jauh seperti apakah rumah country itu. Check it out!😉

112-castel-pines-front-edited_thumb1

Bila dilihat dari konsepnya, rumah country merupakan refleksi suasana pedesaan yang dekat dengan alam. Kata “country” sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang mengacu pada musik khas wilayah pedesaan Amerika, sehingga rumah country pun mengindikasikan rumah gaya Amerika. Sebenarnya, jika kita berbicara tentang rumah country, kita tidak hanya berbicara tentang sebuah rumah dengan gaya Amerika, namun rumah country mencakup semua rumah yang mengedepankan kedekatan dengan alam.

Selain itu, rumah country juga disebut-sebut sebagai “saudara kembar” rumah mediteran. Selain karena waktu kedatangan ke Indonesia yang berurutan, sekilas fasad keduanya memang tampak sama karena sama-sama mengusung konsep natural. Namun jika diperhatikan lebih detail, ornamen rumah country dan mediteran berbeda. Hal ini dikarenakan rumah mediteran mengambil kiblat desain ke Eropa dan Timur Tengah.

Untuk penjelasan lebih rinci, berikut adalah beberapa ciri khas rumah country :

  1. Porch

Ciri khas rumah yang dikategorikan sebagai rumah tradisional Amerika Serikat ini adalah memiliki porch atau serambi. Porch merupakan lambang keramahtamahan dan keterbukaan warga Amerika, sehingga porch menjadi bagian yang sangat penting dalam rumah country.

  1. Bentuk Atap

Dari sisi atap, ciri yang menonjol dari rumah country adalah menggunakan atap dengan bentuk pelana. Atap pelana merupakan atap yang mempunyai dua sisi miring dengan ditopang kuda-kuda kayu.

  1. Penempatan Stairs

Ciri khas lain dari rumah country adalah stairs (tangga) selalu ditempatkan tepat di depan pintu masuk.

  1. Material

Gaya country umumnya mengedepankan penggunaan bahan-bahan yang berasal dari alam. Mulai dari penggunaan material batu-batu alam dan material yang berasal dari kayu.

  1. Pemilihan Cat

Untuk cat, rumah country cenderung menggunakan warna yang natural dan hangat untuk menimbulkan kesan homey, yaitu warna cokelat dan gradasinya dengan warna kuning, hijau, dan biru langit sebagai pelengkap.

  1. Interior

Untuk mempertegas gaya country, pemilik rumah biasanya mengaplikasikan pajangan berupa kepala sapi atau bahkan pelana kuda dan roda kereta. Benda- benda tersebut diletakkan di atas pintu atau di dinding ruang tamu maupun ruang keluarga. Selain itu, karena gaya country juga mengedepankan unsur kekunoan, hiasan-hiasan klasik juga banyak diterapkan. Misalnya : pemutar piringan hitam, lukisan-lukisan klasik, dan masih banyak lagi.

colorful-design-cottage-decor-country-house-with-plans-and-rock-wall

  1. Taman Sebagai Pelengkap

Lazimnya, rumah country selalu dikelilingi oleh taman yang luas serta basah. Bahkan, pada beberapa kasus, rumah country dikelilingi oleh hutan yang pada area dekat rumah sudah didekor lebih rapi. Hal ini merujuk pada konsep rumah country, yaitu natural and homey.

Demikian sekilas tinjauan ringan mengenai rumah country. Semoga menginspirasi! ^^

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: