Mengenal Ragam Tipe Dapur

13 Jun

Dear Readers..

Dapur adalah salah satu organ vital pada sebuah rumah. Keberadaannya menjadi sangat penting mengingat bahwa aktifitas memasak merupakan kegiatan wajib di setiap rumah.Pada dasarnya, dapur berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Dapur kotor adalah tempat kegiatan memasak makan berat, mulai dari mengolah bahan mentah sampai menjadi makanan siap saji. Sedangkan dapur bersih adalah tempat kegiatan memasak makanan ringan atau instant.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, fisik dapur pun tak lagi kelam karena jelaga. Banyak kreasi yang dapat kita mix and match agar dapur terlihat lebih cantik dan menarik. Berikut adalah beberapa macam tampilan dapur yang dapat menjadi inspirasi Anda😉

 

  1. Single Line / “I” Line Kitchen

minimalis kitchen4

Single Line / “I” Line Kitchen merupakan tipe dapur dengan bentuk satu garis linear. Pada tipe ini, dapur kotor dan dapur bersih disatukan dalam tempat yang sama.Karena tidak menggunakan banyak lahan,Single Line Kitchen ini cocok diaplikasikan pada rumah tinggal dengan lahan terbatas termasuk apartemen tipe studio. Namun, Anda harus ekstra cermat dalam menata dapur tipe ini agar aktifitas memasak tetap efektif dan efesien.

 

  1. Double Line / Galley Kitchen

minimalis kitchen5Double Line / Galley Kitchenadalah tipe dapur yang berbentuk dua garis sejajar, yaitu dengan menempatkan dapur kotor dan dapur bersih pada dua sisi berlawanan. Pemisahan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam aktifitas memasak di dapur.Galley Kitchen awalnya didesain untuk kapal laut dan pesawat terbang. Namun seiring perkembangan zaman, Galley Kitchen pun cocok diaplikasikan pada rumah-rumah tinggal.

 

 

  1. L-Shaped / Letter L Kitchen

Subway tiles in kitchen12L-Shaped / Letter L Kitchenadalah dapur yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk huruf L. Sama seperti Single Line, dapur kotor dan dapur bersih pada L-Shaped juga disatukan dalam tempat yang sama. Namun, L-Shaped sedikit berbeda karena kedua sisinya membentuk siku.Tipe iniadalahbasic model dapur dari masa ke masa.L-Shaped Kitchen sendiri cocok untuk semua tipe lahan. Apalagi dengan adanya ruang mati (bagian sudut), Anda akan mendapatkan “extra space” untuk meletakkan perabot dapur Anda. Namun, kini desain dapur jenisL-Shapedmulai tergantikan sejak desain dapur tipe “I” Line dan Galley kitchen mulai dikenal.

 

  1. U-Shaped / Letter U Kitchen

white 12U-Shaped / Letter U Kitchen merupakan dapur yang membentuk huruf U. Pada tipe ini, dapur ditempatkan di dua sudut yang berdampingan yaitu dengan memanfaatkan tiga sisi dinding sekaligus. Biasanya, U-Shaped tidak hanya memiliki dapur kotor dan dapur bersih, tetapi juga mini bar sehinggadapur terkesan lebih glamour dan elegan. Selain itu, dengan U-Shaped Kitchen,Anda juga akan mendapatkan storageatau area penyimpananyang lebih besar. Namun demikian, dapur jenis ini membutuhkan lahan yang lebih luas daripada model yang lain.

 

  1. G-Shapped / Letter G Kitchen

329201041131G-Shapped / Letter G Kitchen merupakan dapur yangmenyerupai sebuah kotak namun pada sisi keempat disisakan sedikit space sebagai pintu masuk (tampilannya mirip huruf G). Tampilan G-Shaped Kitchen memang sedikit complicated, namun dengan lebih banyaknya ruang mati, Anda akan mendapatkan storage yang lebih luas pula. Sama halnya dengan U-Shape, Anda juga butuh lahan yang luas untuk mengaplikasikan model ini.

 

 

  1. Island

Subway tiles in kitchen9Island adalah meja tambahan yang ditempatkan pada salah satu bagian dapur, dekat dengan main table.Fungsi Island adalah sebagai second table. Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan sebelum memasak di Island ini. Atau jika Anda ingin lebih “ringkas”, Anda dapat menjadikan Island sebagai meja saji sekaligus tempat makan juga. Namun demikian, tidak semua main table cocok dipadukan dengan Island. Biasanya, main table yang dikombinasikan dengan Island adalah L-Shaped atau U-Shaped Kitchen.

 

Demikianlah beberapa model dapur yang dapat menjadi dapat menjadi inspirasi Anda. Semoga bermanfaat! ^^b

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: