Cooker Hood dan Dapur Sehat

26 Jun

Hi, Readers! Bagaimana kabar Anda? Semoga selalu sehat ya😉

Nah, masih berkorelasi dengan artikel minggu lalu, pada artikel kali ini mari kita mengulas tentang salah satu properti dapur, yaitu Cooker Hood. Istilah “Cooker Hood” mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun, properti dapur yang satu ini memiliki banyak manfaat lho. Untuk itu, monggo disimak pembahasan berikut.. ^^

Cooker Hood atau yang biasa disebut Exhaust Hood adalah alat penghisap asap yang timbul akibat aktifitas memasak di dapur. Biasanya, Cooker Hood diletakkan beberapa centi di atas kompor. Cooker Hood memiliki beragam manfaat. Namun, fungsi utama dari Cooker Hood ialah penghilang asap dan bau. Cooker Hood akan membersihkan dan menyegarkan udara kotor akibat kegiatan memasak di dapur, sehingga zat-zat beracun yang ada di dalam udara kotor tersebut tidak terhirup dan masuk ke paru-paru. Dengan kata lain, Cooker Hood berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara di dalam dapur.

Nah, bila dilihat berdasarkan cara kerjanya, Cooker Hood digolongkan menjadi dua tipe, yaitu :

  • Resirkulasi

Pada sistem resirkulasi, udara kotor dihisap kemudian diproses kembali sehingga dihasilkan udara yang bersih. Udara bersih ini kemudian dialirkan kembali ke dalam ruangan.

  • Evakuasi

Berbeda dengan sistem resirkulasi, pada sistem evakuasi, udara kotor yang dihasilkan akan dihisap kemudian dikeluarkan melalui cerobong atau pipa sehingga udara di dalam ruangan menjadi bersih.

Sedangkan berdasarkan bentuknya, Coker Hood kemudian dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini ada beberapa jenis tampilan Cooker Hood yang dapat menjadi inspirasi Anda:

  1. Chimney Hood

cimneyChimney Hood berbentuk seperti cerobong yang menempel di dinding (tepi ruangan). Ukuran Chimney biasanya besar dan mencolok. Chimney adalah jenis Cooker Hood yang paling umum diaplikasikan.

 

 

  1. Slim Line Hood

slim lineSama halnya dengan Chimney, Slim Line juga ditempatkan menempel di tepi dinding ruangan. Namun, Slim Line memiliki bentuk  yang lebih kecil, tipis dan pipih. Selain itu, jenis ini tidak memiliki cerobong. Tipe Slim Line Hood cocok untuk dapur dengan area terbatas.

 

  1. Island Hood

islandBila dilihat dari tampilannya, Cooker Hood tipe Island mirip dengan bentuk Chimney. Hanya saja pada penempatannya, tipe Island dipasang di tengah ruang dapur ataupun di atas Island Table. Model ini perlu langit-langit yang cukup tinggi dan kuat untuk menahan beban. Cooker Hood dengan desain seperti ini sesuai untuk dapur yang memiliki area cukup luas.

 

  1. Visor/Conventional

visorCooker Hood jenis ini sudah jarang digunakan. Letak pemasangannya menancap langsung ke dinding luar dan memiliki ukuran di atas standar dengan lebar sekitar 60 cm.

 

  1. Fully Integrated / Sliding Hood

fully integratedModel ini dirancang menyatu dengan cabinet dan disembunyikan dibelakang panel atau pintu kabinet. Cara pengaktifan Sliding Hood adalah dengan menggeser panelnya.

 

  1. Semi Integrated / Built In Hood

built inSama halnya dengan Fully Integrated, Cooker Hood jenis ini juga dipasang menyatu dengan cabinet namun diletakan di bagian bawah cabinet yang berada tepat diatas kompor, selain itu keberadaannya tidak disembunyikan melainkan dibiarkan terlihat sebagai bagian dekoratif dapur.

Saat pengaplikasikan Cooker Hood, pilihlah tipe Cooker Hood yang sesuai dengan luasan dapur. Selain itu, jarak antara Cooker Hood dan kompor juga harus ideal, yaitu sekitar 65 – 75cm. Setelah terpasang, jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan Cooker Hood secara berkala agar dapur Anda tetap nyaman dan sehat.

Selamat mencoba!😉

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: