Kreasi Kamar Tidur dengan Sentuhan Nuansa Jepang

15 Jul

Hello, Readers! ^^

Kami, segenap keluarga besar Chijoosaki Architecture mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 Hijriah”. Semoga di bulan yang suci ini, kita dapat lebih giat beribadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah swt. Aamiin..🙂

 

Readers, perbincangan tentang dunia arsitektur memang tidak akan berujung. Terdapat berbagai hal menarik yang dapat kita ulik mengenai bidang yang satu ini. Salah satunya adalah tentang kreasi interior. Nah, pada artikel kali ini, saya akan mengulik tentang perpaduan gaya tradisional-modern pada kamar tidur ala Jepang. Loh, memangnya bisa?

Tentu bisa! Penasaran? Check it out 😉

Arsitektur Jepang identik dengan gaya minimalis. Bagi masyarakat Jepang, kesederhanaan adalah budaya yang selalu mereka pegang dengan teguh. Oleh karena itu, cukup mudah bagi kita untuk memadukannya dengan gaya minimalis modern.

Tertarik untuk mengaplikasikan gaya ini? Berikut adalah beberapa ide yang dapat menjadi inspirasi Anda😉

  1. Fusuma dan Shoji 

fusumaFusuma dan shoji merupakan panel geser kertas khas Jepang. Perbedaannya terletak pada bahan pembuatan panel ini. Fusuma menggunakan kertas yang tebal dan buram sedangkan shoji menggunakan kertas tipis berwarna putih (rice paper). Pada awalnya, rumah-rumah Jepang tidak bersekat. Namun karena masyarakat Jepang semakin menyadari bahwa pemisah ruang sangat dibutuhkan, maka fusuma dan shoji pun mulai diperkenalkan. Untuk mendapatkan perpaduan yang pas antara tradisional dan modern, Anda dapat menggunakan pintu gaya Eropa sebagai pintu kamar, dan pintu shoji sebagai pemisah antara kamar tidur dan walk in closet.

  1. Tatami

modern tatamiDi setiap rumah di Jepang, setidaknya ada satu ruang yang dirancang dengan berlantaikan tatami (dikenal dengan istilah washitsu). Tatami adalah sejenis tikar tebal yang dibuat dari jerami padi yang dipadatkan dan bagian luarnya dilapisi anyaman sejenis rumput yang bernama igusa. Ukuran ruang/kamar biasanya didasarkan pada jumlah tatami. Lantai tatami memiliki sifat yang unik, yaitu : terasa sejuk pada musim panas, terasa hangat pada musim dingin, dan tetap segar selama bulan-bulan lembab. Oleh karena itu, pengaplikasian tatami di kamar tidur Anda tentu akan sangat bermanfaat.

  1. Futon

modern futonFuton merupakan perangkat tidur tradisional Jepang. Sebuah futon terdiri dari beberapa bagian, yaitu : shikibuton (alas kasur), kakebuton (kasur), dan makura (bantal). Bahan pembuatan tiap bagian pun berbeda. Shikibuton terbuat dari kapas, kakebuton terbuat dari bulu angsa, dan makura terbuat diri biji-bijian atau manik-manik.Bagi masyarakat Indonesia, tidur menggunakan futon tentu tidak akan senyaman menggunakan kasur atau spring bed. Namun, menurut para ahli, futon jauh lebih baik untuk kesehatan daripada kasur yang empuk.

Untuk kreasi, Anda dapat menggunakan futon sebagai alas bale-bale Anda. Selain membuat suasana Jepang lebih terasa, Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dari bale-bale futon Anda.

table-lamps-lg

Selain tiga main item di atas, terdapat pula berbagai aksen yang dapat mempercantik kamar tidur Anda. Misalnya boneka kecil, lampion, kipas, sampai hiasan dinding tiga dimensi.

Silahkan tambahkan kreasi lain sesuai imajinasi Anda. Selamat mencoba! ^^

 

– Dea Argadita –

http://www.chijo-saki.com

(021) 3600 7757

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: