Taman Asri dengan Pergola

8 Aug

Hi, Readers!😉

Kami, segenap keluarga besar Chijoosaki Architecture mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah”. Mohon maaf lahir dan batin🙂

Readers, taman merupakan bagian rumah yang memiliki peran cukup penting. Selain menambah nilai estetika sebuah rumah, taman juga dapat menciptakan suasana sejuk dan nyaman pada rumah tersebut. Seiring perkembangan dunia arsitektur, terdapat beragam desain taman dengan berbagai elemen pelengkapnya. Nah, salah satu diantara elemen pelengkap taman yang cukup dikenal ialah pergola.

pergola 4

Istilah “pergola” sudah dikenal sejak zaman Romawi Kuno untuk meyebut struktur kayu penyangga tanaman anggur. Kata “pergola” sendiri berasal dari Bahasa Latin “pergula” yang berarti atap atau penaung. Kata “pergola” muncul karena orang Italia kesulitan mengucapkan “pergula” hingga akhirnya terjadi perubahan fonetik dan kata “pergola” pun dipakai secara luas.

Pada dasarnya pergola merupakan perkembangan desain dari gazebo. Untuk pengaplikasiannya, pergola sangat cocok diterapkan di Indonesia dengan iklim yang tropis. Fungsi utama dari pergola adalah sebagai pelindung dari sinar matahari. Dan lazimnya, pergola didirikan di halaman depan sebuah rumah, namun tidak menutup kemungkinan jika pergola dibangun di halaman belakang.

Dalam merancang sebuah desain pergola, berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui, yaitu:

1. Tanaman

backyard-landscaping-ideas-garden-decorations-20Jenis tanaman yang biasa diaplikasikan pada pergola adalah jenis tanaman rambat, seperti; Coral Vine, Glorybower, Jade Vine, Wisteria atau Glycine, dan Petrea adalah beberapa contoh jenis tanaman rambat yang sering diletakkan pada pergola. Sebagai variasi,  Anda  pun dapat menggunakan susunan aneka tanaman-tanaman kecil yang dipelihara dalam pot untuk mempercantik pergola Anda. Cukup dengan menyusun deretan pot-pot kecil berisi anggrek atau bonsai di tepi-tepi tiang pergola atau di sela-sela dinding secara teratur, pergola Anda pun akan tampak lebih istimewa. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan tanaman pada pot-pot gantung cantik di tepi langit-langit pergola.

 

2. Desain

Dewasa ini, pergola tidak hanya hadir sebagai sarana bersantai di taman, namun juga telah banyak difungsikan sebagai ruang tamu eksternal maupun ruang baca. Dengan keragaman fungsi ruang tersebut menjadikan desain pergola semakin beragam. Berbagai item lain selain tanaman seperti meja, sofa, dan rak buku, pun dapat menjadi item yang cocok untuk ditempatkan pada area ini.  

pergola 1

Selain itu, pergola umumnya tampil dengan tiang penyangga dan atap yang berongga-rongga. Namun pada beberapa desain, pergola juga dapat tampil dengan atap yang tertutup dan dilengkapi dengan tirai gorden di setiap tepi sudutnya. Sebagai aksen tambahan, Anda pun dapat menambahkan lampu minimalis atau lampion dengan berbagai macam bentuk untuk mempersyahdu suasana pergola Anda.

Bagaimana, berminat menghadirkan pergola di rumah Anda? Semoga menginspirasi! ^^

 

– Dea Argadita –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: