Menghadirkan Kamar Nyaman untuk Si Kecil

12 Sep

Readers yang berbahagia..

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hati mereka, terutama jika terkait dengan tumbuh kembang. Nah Readers, tahukah Anda jika salah satu area yang sangat berpengaruh terhadap anak-anak adalah kamar mereka sendiri?🙂

Hal tersebut dikarenakan kamar anak bukan hanya digunakan sebagai tempat mereka beristirahat, namun juga berfungsi sebagai arena bermain serta belajar. Oleh karena itu, desain kamar anak merupakan hal yang perlu dipertimbangkan secara matang.254770 018

Lalu, bagaimana cara mewujudkan kamar yang nyaman sekaligus edukatif bagi mereka?

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mendesain kamar tidur buah hati Anda. Mari kita simak🙂

  1. Konsep Desain

Dalam merancang sebuah interior, pemilihan konsep desain merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Begitu pula untuk kamar putra-putri Anda. Konsep desain kamar anak juga perlu dipertimbangkan dengan matang.

Dalam menentukan konsep desain, ada baiknya untuk melibatkan si buah hati untuk berperan aktif di dalamnya. Ajaklah mereka berdiskusi dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana namun interaktif seperti “Kamu suka kamar yang seperti apa, Sayang?”, disertai senyum manis nan bersahabat. Selain sanggup menyalurkan keinginan buah hati Anda, pola diskusi juga dapat menciptakan komunikasi yang lebih baik antara Anda dengan buah hati Anda.

  1. Dinding

Untuk cat dinding, Anda dapat menggunakan warna favorit mereka sebagai pilihan warna cat utama. Sedangkan sebagai kombinasinya, Anda dapat menggunakan warna-warna gradasi dari warna utama.

Atau jika Anda ingin menciptakan suasana yang lebih semarak, aplikasi wallpaper dengan motif karakter kesukaan mereka tentu akan menjadi kado istimewa bagi mereka. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan motif wallpaper dengan konsep desain ya, Readers. Untuk bahan wallpaper, vynil merupakan pilihan yang terbaik. Tidak hanya kuat dan tahan lembab, bahan ini juga mudah dibersihkan.

  1. Lantai

Ada banyak pilihan material untuk lantai kamar si kecil. Namun, Anda perlu memastikan bahwa jenis lantai tersebut aman bagi mereka. Seperti yang dilansir furnishburnish, Jumat (27/12/2013) jenis utama dari lantai yang digunakan dalam kamar anak-anak adalah parket, karpet, laminasi, linoleum dan gabus.

IMG-20140618-WA0067Jenis lantai yang saat ini sedang populer diaplikasikan pada kamar anak adalah bahan gabus. Bahan ini memiliki bersifat lunak sehingga mampu menahan benturan. Buah hati Anda pun dapat bergerak aktif tanpa takut terluka😉

  1. Furniture

Sebagai referensi, furniture dengan aneka variasi bentuk, motif, dan warna dapat menjadi pilihan Anda. Nuansa kreatif dari furniture tersebut akan memicu perkembangan otak sehingga mampu meningkatkan kecerdasan putra-putri Anda.
Anda harus mempertimbangkan dengan cermat furniture apa saja yang benar-benar dibutuhkan anak di dalam kamarnya, misalnya : keranjang mainan, lemari pakaian, meja dan kursi kecil.
Selain itu, untuk media informasi seperti televisi, laptop maupun komputer sebaiknya diletakkan pada ruangan terbuka seperti di ruang keluarga. Hal ini ditujukan untuk memudahkan kita dalam mengawasi anak saat menonton televisi.
Aspek lain yang perlu untuk diperhatikan ialah, aspek keamanan. Salah satunya yaitu sebaiknya Anda menghindari furniture dengan sudut yang tajam. Sebaliknya, pilihlah furniture dengan sudut membulat serta kokoh.

  1. Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Selain aspek interior, kita juga perlu memperhatikan aspek eksterior berupa sirkulasi udara dan pencahayaan. Udara segar dan skylight yang cukup akan mendukung proses pertumbuhan yang sedang dijalani anak. Faktor-faktor ini juga dapat membuat anak lebih betah berada di kamar.kids-room-design1

Sebagai dekorasi, tambahkan kreasi gantungan nama dari kain flanel di pintu kamar buah hati Anda. Kejutan kecil ini pun akan menmpermanis kamar putra-putri Anda. Semoga menginspirasi ya, Readers!😉

– Dea Argadita –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: