Kanopi Cantik Dan Tepat Guna

28 Oct

Hi, Readers!🙂

Dewasa ini pengaplikasian kanopi pada sebuah rumah cukup digandrungi banyak peminat, namun bagaimanakah pengaplikasian kanopi yang tepat? Pada kesempatan kali ini, kita akan menjabarkan bagaimana pengaplikasian kanopi teras rumah atau carport yang tepat guna, dan desain yang sesuai masa sekarang, serta aman secara konstruksi.

1313363575_07 copy

Kanopi pada teras rumah, carport, maupun akses utama bangunan berfungsi sebagai pelindung pengguna bangunan dari panas sinar matahari dan air hujan. Oleh karenanya, sebelum mengaplikasikan kanopi, hal yang harus diperhatikan adalah letak atau posisi kanopi tersebut dari bangunan dan cakupan area yang ingin di naungi oleh kanopi tersebut.

Hal ini memastikan peletakkan kanopi mengakomodir fungsi utama dari kanopi tersebut, dan tidak terdapat area-area yang semestinya dinaungi namun malah tidak ternaungi.

Dalam hal pemosisian kanopi ini, kita harus perhatikan desain dari bangunan utama sendiri, sehingga pemosisiannya tepat guna dan baik secara visual-estetika.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana desain kanopi yang ingin diaplikasikan?  Kita perlu mengetahui, bahwa sebuah kanopi yang baik secara fungsional akan dapat mengakomodir kegiatan manusia dan kebutuhannya untuk terlindungi dari iklim setempat.

kanopi 1

Kanopi yang dapat melindungi area dibawahnya dari suhu panas matahari, cahaya yang terlampau terang, serta curah hujan yang mengguyur adalah kanopi yang baik. Maka material dari penutup kanopi yang baik adalah yang tembus pandang / transparan tapi mampu menangkal panas matahari berlebih dan sinar yang terlampur terang.

Jika anda menggunakan poly carbonate, maka saat ini di pasaran telah tersedia poly carbonate dengan tingkat kegelapan tertentu yang dapat mengakomodir kuantitas cahaya yang tembus ke naungan di bawahnya. Sehingga anda dapat menentukan seberapa besar intensitas cahaya yang diinginkan untuk ada di bawah naungan kanopi tersebut. semakin gelap warna kanopi semakin rendah intensitas cahaya yang dihadirkan. Semakin transparan, maka semakin besar kuantitas cahaya yang melewati kanopi tersebut sehingga ruang dibawah kanopi bisa lebih terang.

Konstruksi kanopi masa dapat didirikan dengan beberapa sistem. 3 diantaranya adalah kanopi dengan konstruksi tiang, kanopi sistem kantilever, dan kanopi sistem gantung. Ketiga sistem kanopi tersebut menggunakan sistem rangka untuk penopang penutupnya. Kita bisa memilih sistem konstruksi mana dan desain rangka penutup yang sesuai selera.

Jangan lupa untuk menentukan posisi pengaliran vertikal air hujan. Sehingga air hujan tidak jatuh di tempat yang tidak diharapkan.

Selamat berkreasi!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: