Ada Area Kosong? Mari Buat Kolam Ikan Modern!

31 Aug

Hi, Readers!

Dewasa ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatan area kosong pada suatu bangunan, seperti menjadikannya sebagai elemen estetika bangunan. Salah satu pemanfaatan lahan “kosong” sebagai elemen estetika yang bisa di aplikasikan yaitu menjadikannya sebagai area kolam ikan.

Solaris Inc_

Nah Readers, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengaplikasian kolam ikan modern kontemporer pada area bangunan indoor maupun outoor. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengenal terlebih dulu apa yang dimaksud dengan desain kolam kontemporer. Secara sederhana, desain kolam kontemporer dapat dideskripsikan menjadi beberapa poin berikut ini, yaitu: Pengaplikasian bentuk geometri dasar yang terukur sebagai bentuk utama kolam, penggunaan jenis material dengan jumlah variasi yang dibatasi, penggunaan item elektrikal utamanya pencahayaan yang optimal, pengaplikasian vegetasi yang memiliki bentuk sederhana dengan jumlah variasi yang dibatasi.

Point pertama dalam permainan nilai Modern atau Contemporary design mengacu pada bentuk geometri yang dapat diaplikasikan. Antara lain: persegi panjang, bujur sangkar, lingkaran, segi tiga, dan seterusnya. Namun bentuk yang umum digunakan adalah bentuk persegi ataupun lingkaran yang menyesuaikan dengan bentuk yang dapat di akomodir ruang.

modern-entry

Point selanjutnya, yaitu material yang diaplikasikan pada kolam. Dalam pemilihan material finishing kolam, kita dapat membuat variasi material sesuai dengan keinginan, beberapa material yang cocok untuk diaplikasikan pada kolam ikan antara lain: keramik, Homogenous tile, Batu alam, Semen Kamprot, Wood Deck. Selain itu, kita juga dapat mengkombinasikan satu atau dua dari jenis material tersebut sehingga dapat menciptakan variasi estetika yang menarik.

Outdoor Living

Elemen lainnya yang memiliki peranan penting dalam desain modern ialah elemen pencahayaan/eletrikal. Kita dapat menerapkan cahaya aksen buatan pada tekstur dinding ataupun dasar kolam. Dan jika kita meletakkan pohon ataupun vegetasi lain pada atau di sekitar kolam. Letakkan cahaya buatan yang mengarah kepada pohon atau vegetasi tersebut sehingga mampu menonjolkan warna, bentuk, dan teksturnya.

CAD pond-Vertical Layout

Selain ketiga point diatas, cukup penting untuk diingat, bahwa pemosisian letak kolam secara vertikal pada lingkungan kolam akan menghilangkan atau menghasilkan nilai modern pada kolam ikan. Padukan dengan lingkungan kolam sehingga tercipta sebuah kesatuan desain. Untuk peletakkan kolam ikan secara horizontal, Anda dapat menyesuaikan dengan area yang available pada lokasi yang akan di aplikasikan, atau membuat skema aktivitas baru pada lokasi dengan menentukan penempatan yang tepat menurut penilaian Desainer yang membantu Anda di dalam perancangannya.

 

Last but not least, penggunaan mesin filter, pompa dan kelengkapan lain dari kolam ikan agar di posisikan di tempat yang mudah diakses namun tersembunyi secara visual maupun fisik agar tidak mengganggu keindahan kolam. Tambahkan juga elemen-elemen pendukung seperti air mancur untuk mempercantik kolam ikan Anda.

 

Demikian, semoga menginspirasi🙂

 

 

(Artikel ini dimuat pada tabloid Home Bintang Edisi 313 kolom; Tanya Arsitek)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: