Loster VS Keramik Mozaik untuk Focal Point fasad

19 Jun

Dear Readers.

Pada kesempatan kali ini kita akan membandingkan penerapan mozaik dengan penerapan looster sebagai Focal Point fasad. Loster atau yang umum dikenal dengan Kerawang, Raster ataupun Batu Angin, di kalangan praktisi bangunan disebut dengan Ventilation Block. Ventilation Block atau yang selanjutnya akan kita sebut sebagai Loster ini adalah material berlubang yang berfungsi sebagai pengakomodir aliran udara di luar & dalam bangunan. Sedangkan mozaik sendiri, telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Ocenario-Lisboa_4-bearbeitet

Reades, baik material Loster maupun material keramik Mozaik memang cocok di aplikasikan sebagai area estetika fasad bangunan. Atau dalam hal ini bisa kami sebut sebagai Focal Point dari fasad bangunan. Bila dilihat dari segi materialnya, loster terbuat dari tanah liat atau campuran pasir & semen yang dicetak dengan desain yang beragam sehingga menghasilkan bentuk berlubang dengan nilai estetika. Sedangkan keramik mozaik adalah dekorasi susun & tempel kepingan bahan keras yang solid dan memiliki warna dalam sebuah bidang.

Untuk cara pemasangannya, baik loster maupun mozaik dapat menggunakan semen khusus perekat keramik sehingga kualitas rekatan lebih kuat. Yang berbeda ialaah, loster diaplikasikan dengan menyusunnya menjadi sebuah bidang sehingga bidang tersebut menghadirkan nilai estetika tekstur.

loster - contemporist(dot)com3-1

Bila dilihat dari segi tampilan akhirnya, Mozaik dan Loster tentu berbeda. Hal ini dikarenakan Mozaik biasannya sudah di finisih terlebih dahulu, umumnya menggunakan lapisan kaca yang diproses dengan temperatur tinggi sehingga membuat permukaan keramik mozaik halus mengkilap dan tahan noda. Hal ini jugalah yang menyebabkan Keramik Mozaik menghadirkan kesan elegan & modern. Berbeda dengan keramik Mozaik, Loster siap pakai masih dalam kondisi “telanjang”. Sehingga menampilkan tekstur & warna asli material utamanya. Jika kurang menyukai tekstur & warna asli Loster, kita juga dapat menutupnya dengan cat minyak ataupun cat eksterior. Namun banyak arsitek yang membiarkan susunan Loster sebagai finishing ini tampil apa adanya tanpa finishing tambahan. Mereka meyakini akan menghadirkan nilai estetika yang memang sudah melekat pada material Loster itu sendiri.

Finishing fasad Gedung Yamaha

Dari segi desain secara keseluruhan, Anda dapat berkreasi dengan memadu padankan jenis (bentuk) maupun warna dari keramik Mozaik maupun Loster yang akan diaplikasikan pada bidang Fasad Bangunan. Hari ini sudah tersedia keramik Mozaik dengan bentuk, ukuran, warna, dan tekstur yang bervariasi atau dengan kata lain tidak melulu kotak-kotak. Anda dapat mengaplikasikan susunan bidang yang sesuai dengan kemauan Anda.

Dan terakhir, dari segi harga, keramik Mozaik dan Loster memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Terlepas dari material tambahan seperti semen perekat keramik, Nat, Cat untuk finishing akhir, maupun Semen plester yang dibutuhkan untuk pemasangan masing-masing material ini, keramik Mozaik memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Loster.

Itulah hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih diantara kedua material tersebut. Selamat memilih.🙂

(Artikel ini dimuat pada tabloid Home Bintang Edisi 308 kolom; Tanya Arsitek)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: